BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Senin, 07 Juni 2010

Karakteristik perkembangan orang retardasi mental

1. Sangat Berat
 Usia Prasekolah (0-5) maturasi dan perkembangan. Kapasitas yang minimal dalam bidang sensorimotorik; memerlukan perawatan; memerlukan bantuan dan pengawasan terus-menerus;
 Usia sekolah (6-20) latihan pendidikan. Dapat berespon minimal atau terbatas terhadap latihan menolong diri sendiri;
 Dewasa (21-lebih) keadekuatan sosial dan kejuruan. Dapat mencapai perawatan diri yang sangat terbatas; memerlukan perawatan.
2. Berat
 Usia prasekolah (0-5) maturasi dan perkembangan. Berbicara sedikit biasanya tidak mampu belajar dari latihan menolong diri sendiri; tidak mempunyai keterampilan komunikasi;
 Usia sekolah (6-20) latihan pendidikan. Dapat dilatih dalam kebiasaan sehat dasar; memperolah manfaat dari latihan kebiasaan semantic; tidak mampu memperoleh manfaat dari latihan kejuruan;
 Dewasa (21-lebih) keadekuatan sosial dan kejuruan. Dapat berperan sebagian dalam pemeliharaan diri sendiri di bawah pengawasan lengkap; dapat mengembangkan keterampilan melindungi diri sendiri sampai tingkat minimal yang berguna dalam lingkungan yang terkendali.
3. Sedang
 Usia prasekolah (0-5) maturasi dan perkembangan. Dapat berbicara atau belajar untuk berkomunikasi; kesadaran sosial yang buruk; perkembangan motorik yang cukup; mendapat manfaat dari latihan menolong diri sendiri; dapat ditangani dengan pengawasan sedang;
 Usia sekolah (6-20) latihan pendidikan. Tidak mungkin berkembang lebih dari kelas dua dalam subjek akademik; dapat belajar pergi sendirian di tempat yang telah dikenal;
 Dewasa (21-lebih) keadekuatan sosial dan kejuruan. Dapat bekerja sendiri dalam pekerjaan yang tidak terlatih dan setengah terlatih di bawah kondisi teratasi; memerlukan pengawasan dan bimbingan jika berada dalam stress sosial atau ekonomi ringan.
4. Ringan
 Usia prasekolah (0-5) maturasi dan perkembangan. Dapat mengembangkan keterampilan sosial dan komunikasi; retardasi minimal dan bidang sensorimotorik; sering tidak dapat dibedakan dari normal sampai lebih tua;
 Usia sekolah (6-20) latihan dan pendidikan. Dapat belajar keterampilan akademik sampai kira-kira kelas enam pada akhir usia remaja; dapat dibimbing untuk menyesuaikan diri dengan sosial;
 Dewasa (21-lebih) keadekuatan sosial dan kejuruan. Biasanya dapat mencapai keterampilan sosial dan kejuruan yang adekuat untuk membiayai diri sendiri minimal tetapi mungkin memerlukan bantuan dan bimbingan jika di bawah stress sosial atau ekonomi yang tidak biasa.

Kaplan & Sadock. (1997). Sinopsis Psikiatri. Jilid 2. Binarupa Aksara : Jakarta.

0 komentar: